Pengalaman Magang di Wikipedia Minang

Kopdar

Hallo semua saya Nurhalima Tanjung dari Universitas Negeri Padang yang telah menyelesaikan magang selama 3 bulan di Wikipedia Minang. Awal mulanya saya tau informasi bahwa Wikipedia Minang membuka kesempatan magang itu dari teman saya yang mengirimkan brosur ke WhatsApp secara pribadi, awalnya saya ragu untuk bergabung dikarenakan saya berasal dari Sibolga, Sumatera Utara. Hingga akhirnya saya menanyakan kepada teman saya, tapi kan itu bahasa Minang nad, panjang pertanyaan akhirnya saya mendaftar aja dulu, apa salahnya mencoba. Akhirnya saya mengirimkan cv ke Wikipedia Minang.

Hingga pada akhirnya 2 minggu kemudian saya mendapatkan email dan text di WhatsApp, yakni pengumuman hasil seleksi Magang, dan ternyata banyak banget yang daftar ada 172 peserta, dan saya 1/10 peserta yang akan di wawancara. Hingga tiba hari yang sudah dijadwalkan saya kere banget sampai gak punya ongkos, akhirnya entah rezeki darimana teman dekat saya pakai nomer rekening saya dan masuk lah whatsApp ke saya, akhirnya beliau ngasih saya pinjaman dong buat wawancara, kebetulan dia tau juga soal ini.

Waktu wawancara sempat mikir kayaknya gak ada harapan sih, dari aura wajah interviewer. Soalnya saya beberapa kali mengikuti  wawancara dan tau bagaimana ketika saya lolos pada wawancara tersebut atau tidak. Akhirnya tibalah pengumuman saya 1 dari 2 orang peserta yang diterima bergabung dalam kesempatan magang kali ini.

Selama magang banyak banget pengalaman dari kakak-kakak Wikipedia Minang, ada kak Sonia yang akrab disapa onya sebagai kordinator Wikipedia Minang, kak tika, kak adhmi, kak juna, kak denas, kak ramzi, kak rahman, kak riska dll. Teman-teman di Wikipedia tidak sungkan berbagi ilmunya kepada peserta magang, dan peserta-peserta pelatihan di kegiatan wiki lainnya. Ilmu yang diberikan secara terbuka dari level bahwa hingga level atas. Ada banyak motivasi dari perjalanan yang dilakukan oleh kaka wikipedia Minang dalam kegiatan Wikipedia dan itu full funded dari Wikipedia. Di wikipedia Minang itu mulai dari anak SMA, S1, S1 Ongoing, S2 ada semua, ada yang udah kerja sambilan nulis di wikipedia, tapi sangat loyal semua terhadap ilmu.

Sejak bergabung di Wikipedia saya menjadi lebih banyak tentang kepenulisan, hak cipta karya baik gambar maupun tulisan. Dulunya sebelum bergabung di Wikipedia, saya kira gambar yang keluar di google itu tidak memiliki hak cipta, so kita bebas mempergunakan gambar tersebut untuk keperluan kita, dan ternyata setelah gabung di wikipedia saya jadi tahu bahwa gambar yang hak ciptanya di bebaskan itu yang bagaimana, salah satunya yang ada di wiki common yang bebas kita gunakan kembali.

Disamping itu dengan ikut magang di Wikipedia Minang saya menjadi rajin membaca, soalnya untuk menulis artikel di Wikipedia kita harus membaca dari sumber yang jelas, yang kredibel, dan jika bisa dari sumber utama langsung. Dan untuk menulis satu artikel kita butuh membaca banyak artikel bukan 1,2 atau 3. Saya pernah menulis artikel dengan membaca 50 sumber, barngkali lebih. Soalnya artikel di wikipedia itu tidak main-main, harus bisa dipertanggungjawabkan, namun begitu jangan ragu dan jangan takut untuk menulis di halaman wikipedia.

Yang paling tidak bisa di lupakan itu, ketika artikel pertama saya di Wikipedia Bahasa Indonesia di hapus oleh pengurus di Wikipedia Bahasa Indonesia, padahal saya menulis itu sudah mengumpulkan sumber dan sudah memilih pemilihan kata yang baik, waktu itu saya ingin menulis artikel tentang STIE (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi) di daerah saya, tapi belum beberapa jam tulisan itu di publish langsung hilang dari peredaran, alasannya ternyata sumbernya dari situs STIE sendiri itu tidak diperbolehkan, dan alasan-alasan lainnya. Berkat dari keselahan itu untuk menulis artikel berikutnya saya deg-degan apakah artikel saya akan di hapus lagi. Akhirnya saya beranikan menulis artikel lagi di Wikipedia Bahasa Indonesia yakni artikel biografi Dekan Fakultas saya, dan Alhamdulillah sampai sekarang artikel itu masih ada dong, Terimakasih kakak Wikipedia Bahasa Minang.

Dan ada yang terlupa dulu pertama kali saya daftar, saya tidak menyangkah kalau di Wikipedia itu ada pergantian dana transportasi yang lumayan. Dan setiap kopdar juga dapat konsumsi, so bagi yang anak kos bisa perbaikan gizi disini__

Gabung di Wikipedia itu menyenangkan apalagi jika kita memiliki basic yang suka menulis, membaca, dan cinta budaya. Dengan menulis kita juga menambah pengetahuan yang lebih dalam tentang sesuatu hal, sehingga sangat bermanfaat bagi kehidupan. Mengapa saya katakan bermanfaat, karena ketika kita ngomong, hal yang ingin kita bicarakan menjadi berisi tidak hanya opini tapi fakta yang mendukung. Satu lagi kegiatan Magang itu sangat penting, ketika mencari kerja kita jadi memiliki nilai plus, diluar magang yang diadakan dari kampus. So, mari manfaatkan waktu untuk mengembangkan skill di bidnag yang kita minati maupun mencari hobby baru yang menunjang karier.

*Sampai bertemu dicerita lainnya....

0 komentar:

Hello there! I am Halima. I have some hobbies; blog writing, reading, puisi creator on youtube, editing photo and video. Hope you enjoy in my own Sunrise & Sunset.